Sunday, October 1, 2023
HomeHealth7 Penyebab Hilangnya Penglihatan pada Satu Mata

7 Penyebab Hilangnya Penglihatan pada Satu Mata

Penglihatan adalah salah satu indera yang sangat berharga bagi manusia. Kemampuan untuk melihat dunia di sekitar kita memungkinkan kita berinteraksi dengan lingkungan dan mengalami keindahan hidup. Namun, terkadang seseorang dapat mengalami kehilangan penglihatan pada satu mata, yang dapat menjadi kondisi yang menakutkan dan mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Portal Viral

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan 7 penyebab umum hilangnya penglihatan pada satu mata.

  1. Katarak

Katarak adalah kondisi di mana lensa alami mata menjadi keruh, menghalangi cahaya masuk ke retina dan merusak penglihatan. Katarak biasanya terjadi karena penuaan, namun juga dapat disebabkan oleh faktor genetik atau trauma. Jika katarak tidak diobati dengan tepat, bisa menyebabkan kehilangan penglihatan pada satu mata atau kedua mata.

  1. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang disebabkan oleh tekanan tinggi di dalam mata, yang merusak saraf optik. Jika tidak diobati, glaukoma dapat menyebabkan kerusakan permanen pada penglihatan dan menyebabkan kehilangan penglihatan pada satu mata atau kedua mata.

  1. Retinopati Diabetik

Retinopati diabetik adalah komplikasi mata yang sering terjadi pada penderita diabetes. Tingkat gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah di retina, menyebabkan pendarahan dan pembengkakan yang mengganggu penglihatan. Jika retinopati diabetik tidak diobati, dapat menyebabkan kehilangan penglihatan pada satu mata atau kedua mata.

  1. Degenerasi Makula Terkait Usia (DMTU)

DMTU adalah kondisi mata yang umum terjadi pada orang lanjut usia. Ini terjadi ketika bagian tengah retina, yang disebut makula, mengalami kerusakan. Makula bertanggung jawab atas penglihatan pusat, sehingga DMTU dapat menyebabkan gangguan penglihatan pusat dan kehilangan penglihatan pada satu mata. Portal ViralĀ 

  1. Detasemen Retina

Detasemen retina terjadi ketika lapisan retina terpisah dari dinding mata. Ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan pada satu mata atau kedua mata jika tidak segera diobati. Detasemen retina seringkali terjadi setelah cedera mata atau sebagai komplikasi dari penyakit mata lainnya.

  1. Infeksi Mata

Infeksi mata, seperti uveitis atau endophthalmitis, dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pada struktur mata. Jika infeksi tidak diobati dengan cepat dan tepat, dapat menyebabkan kehilangan penglihatan pada satu mata.

  1. Stroke

Stroke dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di otak dan mata, yang dapat mengganggu aliran darah dan oksigen ke mata. Ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan pada satu mata atau bagian dari penglihatan pada kedua mata.

Baca Juga : Jurnal Brita

Kesimpulan

Hilangnya penglihatan pada satu mata adalah kondisi serius yang dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang. Banyak penyebab hilangnya penglihatan pada satu mata dapat diatasi atau dikelola dengan pengobatan yang tepat jika didiagnosis secara dini. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala gangguan penglihatan, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter mata untuk evaluasi dan penanganan yang tepat. Pencegahan dan pengobatan dini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah kehilangan penglihatan yang lebih parah. Portal ViralĀ 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Berita Viral

Most Popular

Recent Comments